Tentang Kami

PROFIL KUTTAB SAHABAT QURAN

Pengantar

Kuttab Sahabat Quran (Kuttab SQ) berdiri pada tahun 2018 di bawah naungan Indonesia Quran Foundation (IQF), yayasan yang konsen berdakwah islam di bidang pendidikan Al-Quran. Kuttab SQ hadir sebagai respon atas kebutuhan besar umat islam akan pendidikan islami Qurani yang berkualitas untuk anak-anak usia sekolah dasar.

 Kuttab

Kuttab muncul pertama kali di zaman Nabi kemudian menyebar ke berbagai negara seiring dengan penyebaran Islam. Dimunculkan murni sebagai bagian dari rangkaian amal Islami. Kuttab adalah tempat utama di dunia Islam untuk mengajari anak-anak. keberadaannya begitu agung dalam kehidupan masyarakat Islam, khususnya dikarenakan Kuttab adalah tempat anak-anak belajar Al Quran di tambah begitu mulianya ilmu dalam syariat Islam.

Kuttab dibagi dua:

Kuttab Awwal: pada jenjang ini, anak-anak belajar membaca, menulis, menghapal al Quran, ilmu dasar agama dan berhitung dasar.

Kuttab Qonuni: pada jenjang ini anak-anak dan remaja belajar ilmu bahasa dan adab. Mereka belajar ilmu-ilmu agama, hadits dan berbagai macam ilmu lainnya (at Tarbiyah wa at Ta’lim fi al Islam h. 110). (Modul Kuttab 1 hlm: 13)

Sahabat Quran

اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابه

“Bacalah oleh kalian Al-Quran, sesungguhnya ia akan menjadi penolong bagi sahabat-sahabatnya”. (HR. Muslim)

يقال لصاحب القرآن اقرأ وارق ورتل كما كنت ترتل في الدنيا فإن منزلتك عند آخر آية تقرأها

“Dikatakan kepada sahabat Quran: bacalah dan naiklah, tartilkan ia sebagaimana engkau tartilkan dahulu di dunia. Sesungguhnya tempatmu (di surga) sesuai dengan ayat terakhir yang kamu baca”. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Nama Sahabat Quran mengambil inspirasi dari kata yang sama dalam dua hadits di atas, (shahib al-Quran) dengan makna seluas-luasnya: pembaca Al-Quran, pelajar, pengajar, pengamal, pendakwah dan orang yang selalu dekat dengan Al-Quran.

Selain itu Sahabat Quran juga sudah digunakan untuk nama TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) dan TAUD (Tahfizh Anak Usia Dini), dua program yang lebih dahulu ada di IQF, agar terjadi kesinambungan Kuttab SQ sebagai jenjang selanjutnya dari TPA dan TAUD.

Hubungan dengan Kuttab Al-Fatih

Pada tanggal 29 Maret 2018 pengurus Kuttab SQ bersilaturahim ke Kuttab Al-Fatih sebagai lembaga yang lebih dahulu bahkan yang pertama menggunakan nama Kuttab di Indonesia, dengan maksud ingin mengadopsi sistem dan kurikulum Kuttab Al-Fatih. Alhamdulillah kami dipersilakan mempelajari dan mengadopsi apa yang dilakukan di sana dengan dipesankan agar kami turut menjaga ‘kemurnian dan nama baik’ Kuttab secara umum.

  1. Visi Misi

Visi: Mewujudkan generasi Qurani yang kokoh beriman dan mulia berakhlak

Misi:

  1. Mengokohkan nilai keimanan anak
  2. Membiasakan adab dan akhlak mulia dalam keseharian
  3. Membaguskan baca dan tulis Al-Quran
  4. Menanamkan keterampilan menghafal dan mengamalkan Al-Quran     Kurikulum dan Target

Kurikulum Kuttab SQ bermuara kepada iman sebelum Al-Quran dan adab sebelum ilmu. Kami ingin lulusan Kuttab SQ memiliki:

  1. Kesiapan iman dan adab untuk menuntut ilmu di jenjang selanjutnya
  2. Hafalan setidaknya 7 juz
  3. Hafalan hadits Arbain Nawawi dan hadits-hadits pilihan
  4. Pemahaman fikih dasar ibadah dan kesadaran menjalankannya

Hal itu diturunkan kepada mata pelajaran dan kegiatan sebagai berikut:

  1. Pembelajaran Al-Quran (tilawah, talaqqi, hafalan & kitabah)
  2. Pembelajaran Iman (modul alam dan manusia di juz 30)
  3. Ikrar (do’a, hadits dan bahasa arab)

Kegiatan:

  1. Tasmi’ hafalan
  2. Berkisah
  3. Olah raga
  4. Home visit
  5. Outing class

Pembiayaan

Pembiayaan Kuttab dari para orangtua yang mengamanahkan anak-anaknya di Kuttab. Ada gaji bagi guru yang dibayarkan bulanan atau tahunan atau paket. Ada juga orang-orang kaya yang menanggung pembayaran kerabat-kerabatnya yang miskin atau orang tidak mampu yang bukan kerabatnya. (Modul Kuttab 1 hlm: 17)

Kuttab SQ adalah lembaga non profit, pembiayaan berasal dari orang tua santri dan digunakan sepenuhnya untuk operasional proses belajar mengajar. Dari santri dan kembali untuk santri.

Incoming search terms:

  • tamatan kuttab